Assalamu’alaikum
Bagi saya, lahir sebagai
perempuan adalah salah satu hal paling membanggakan. Perempuan terlahir dengan
menyandang keistimewaan tersendiri. Setiap masing-masing pribadi memiliki
keunikan dan kelebihan masing-masing.
Dalam kehidupan sehari-hari
perempuan juga merupakan sosok yang tidak bisa dianggap “kecil” terutama dalam
kehidupan berumah tangga. Justru saat itu peran perempuan yang multitasking adalah
salah satu pendukung kuat dalam kehidupan rumah tangga. Perempuan bisa berperan
dalam semua aspek, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Mulai dari
melakukan tugas dan kewajiban utama, mengurus anak dan suami hingga membantu
suami dalam mencari nafkah, semua bisa dilakukan oleh seorang perempuan dalam
perannya sebagai ibu rumah tangga. Kalau bahasa kerennya, perempuan adalah CEO Rumah Tangga yang mengatur semua urusan.
Karena keistimewaan inilah salah
satu Brand Kosmetik terkemuka di dunia mengadakan pemilihan bertajuk
#WomenOfWorthID. Brand yang pertemakali didirikan oleh foundernya dari
inspirasi bahwa setiap perempuan memiliki keunikan masing-masing yang harus
dipahami, dihargai dan dirayakan keberadaannya di mamapun dan kapanpun. Dan
perempuan berhak mendapatkan yang terbaik dalam berbagai aspek kehidupan mereka.
Begitu juga perempuan Indonesia.
Seperti yang dijelaskan oleh
Mr.Yannis Rodocanachi, General Manager Consumer Product Division PT L’Oreal
Indonesia pada peluncuran #WomenOfWorthID di The Conservatory TB41 Building
Jakarta Pusat pertengahan September lalu, bahwa sebagai Brand kecantikan nomer
satu di dunia selain menemani perempuan untuk selalu tampil cantik dalam
kesehariannya dan telah diakui keahliannya juga terus berusaha mewujudkan visi
dan misi mulianya dalam mendukung kemajuan kaum perempuan dunia, termasuk
Indonesia dengan semangat “Because We’re Worth It” . dan pada 2014 ini L’Oreal
mempersembahkan program ini yang bertujuan membuka mata para perempuan dan
masyarakat bahwa setiap setiap perempuan adalah sosok berharga dan pantas
mendapatkan uang terbaik.
Yang membedakan
pemilihan ini dengan ajang serupa lainnya adalah range usia yang cukup panjang
dari 21-60 tahun dan kriteria yang luas. Jika sebelumnya kita melihat banyak
ajang penghargaan untuk perempuan berkutat pada kegiatan sosial dan aktifitas secara
khusus maka di #WomenWorthItID tidak demikian. Kita bisa menominasikan Ibu kita
sendiri meski beliau Ibu Rumah Tangga biasa. Karena tidak bisa dipungkiri,
mayoritas perempuan sebelum mengagumi tokoh hebat lain di dunia, pasti lebih
dulu mengagumi Ibunya. Tidak sedikit orang yang berkata “Ibuku adalah
Inspirasiku”. Seperti penjelasan Dian Sastro dalam video #WomenWorthItID
L’Oreal Indonesia bahwa perempuan bisa dikatakan inspiratif saat mereka
memiliki cita-cita luhur dalam kehidupan dan berjuang mewujudkannya, baginya
Ibunya adalah unspirasinya karena Ibunya yang membuatnya menjadi sosoknya
sekarang. Sosoknya sampai pada tahap ini. Berbeda dengan Maudy yang mengatakan
bahwa perempuan saat bisa melalui berbagai tantangandan cobaan hidup dalam berbagai
situasi dan konsis sesulit apapun kondisinya.
Ya, initnya semua perempuan layak
mendapatkan penghargaan dari semua pihak atas peran mereka masing-masing. Jadi
apakah kalian memiliki sosok yang kalian anggap sangat inspiratif dan layak
untuk diajukan diajang ini? Segara daftarkan di www.womenofworth.co.id karena masih ada
waktu hingga 31 Oktober 2014.
Kenapa kita harus ikut berperan
serta dalam kampanye ini? Karena seperti yang diungkapkan Ibu Nurul Sulisto
bahwa ini tidak sekedar sebagai kampanye semata tapi sebuah pergerakan untuk
menyadarkan perempuan Indonesia bahwa mereka berharga dan layak mendapat yang
terbaik. Dan diharapkan langkah ini bisa mengedukasi bahwa tak hanya perempuan
dengan pencapaian prestasi tertinggi yang yang layak diapresiasi tapi semua
perempuan di sekitar kita. Ibu, kakak dan kerabat lain karena telah memberikan ‘their best’ dalam peran mereka
masing-masing.
Jadi tunggu apalagi, segera kulik
syarat dan ketentuan penjurian di www.womenofworth.co.id.
Nanti peserta akan diseleksi menjadi 20 besar dan setelahnya akan kembali di
seleksi menjadi tiga besar. Seleksi akan dilakukan oleh deretan dewan juri yang
sangat kredibel dibidang mereka masing-masing.
Setelahnya jangan lupa untuk vote
melalui akun FB untuk sosok yang kita nominasikan ya, saya sudah vote beberapa
sahabat KEB yang ikutan lo ;)
Dewan Juri terdiri dari Brand Ambassador
L’Oreal Indonesia Dian Sastro Wardoyo dan Maudy Koesnaedi juga deretan
Perempuan hebat di bidangnya masing-masing yaitu Ibu Dewi Motik Pramono, Ketua
Kowani. Melanie Masriel, Head Of Communications L’Oreal Indonesia. Hanifa Ambadar, Pemilik perusahaan Media. Dr.
Fenny M.Dwinay, Ph.D, Tokoh Perempuan Peneliti, pemenang Program L’Oreal-UNESCO
For Women in Sciene International 2007.
Oya, ada yang menarik dari
rangkaian kampanye #WomenWorthItID ini. Untuk mmembuktikan perempuan bisa
diandalkan dalam segala bidang dan memiliki kemampuan yang juga mumpuni yang
ayak diapresiasi, video kampanye #WomenWorthItID semua kru dan sutradara
terdiri dari perempuan hebat. Siapa yang tidak tahu sepak terjang Paquita Wijaya?
Ya, perempuan hebat satu ini yang menyutradarai pembuatan video bersama tim
yang keseluruhannya adalah perempuan.
Jadi, hanya satu yang bisa saya
ucapkan “Saya bangga terlahir sebagai peremuan dengan segala kekurangan dan
kelebihan yang saya miliki”. Bagaimana dengan kalian?
Mestinya kamu daftar, mak :)
BalasHapusSaya pun bangga, makasih yah udah share inspirasinya :)
BalasHapus